Penyiar Publik Eropa Menghadapi Ancaman Kembar

  • Whatsapp
Pernyataan Perdana Menteri Republik Ceko Andrej Babis saat konferensi video media pada KTT Uni Eropa di Brussel, Belgia, 20 Juli 2020.


Pandemi telah meningkatkan khalayak untuk media layanan publik Eropa, dengan orang Eropa beralih ke berita berbasis fakta, menurut asosiasi perdagangan penyiaran dan studi akademis.

Bacaan Lainnya

Televisi, radio dan saluran digital semuanya menunjukkan kemajuan, terutama di Eropa Barat.

Namun, sementara publik tampak menghargai, penyiar publik di benua itu menghadapi ancaman kembar. Pemerintah populis Eropa Tengah telah atau sedang berusaha untuk mengurangi independensi editorial mereka, mengubahnya menjadi corong resmi, memperingatkan juru kampanye hak dan jurnalis.

Dan di Eropa Barat, pemerintah kanan-tengah mendapat tekanan yang meningkat dari pembuat undang-undang konservatif dan populis untuk mencabut penyiar publik.

FILE – Perdana Menteri Republik Ceko Andrej Babis membuat pernyataan saat konferensi video media di KTT Uni Eropa di Brussels, Belgia, 20 Juli 2020.

Perhatian dalam beberapa pekan terakhir telah difokuskan pada Televisi Ceko, dan apa yang dikatakan para kritikus pemerintahan populis Perdana Menteri Andrej Babis adalah upaya untuk mempolitisasi dewan pengaturnya dan merusak tim manajemen senior penyiar menjelang pemilihan parlemen bulan Oktober.

Minggu lalu, European Broadcasting Union (EBU), sebuah asosiasi perdagangan, mendesak anggota parlemen Ceko untuk melindungi kemerdekaan penyiar publik negara itu, dengan mengatakan Ceska Televize adalah “merek berita yang paling banyak digunakan di Republik Ceko, dengan 60 persen dari semua orang di negara yang menggunakan layanan ini setidaknya setiap minggu. “

Presiden EBU, Delphine Ernotte Cunci, dan direktur jenderal asosiasi, Noel Curran, mencatat itu juga “dipercaya oleh lebih banyak orang Ceko daripada merek berita lainnya.” Mereka mendasarkan pernyataan mereka pada data dan survei yang dikumpulkan oleh Institut Reuters untuk Studi Jurnalisme di Universitas Oxford.

“Dalam beberapa bulan terakhir, menjadi sangat jelas bahwa pemerintah Republik Ceko sedang mencoba untuk menekan kemerdekaan itu, secara langsung dan tidak langsung,” kata mereka.

Seorang operator bekerja di ruang utama European Broadcast Union (EBU) di Jenewa 13 November 2007. EBU adalah sebuah asosiasi ... FILE – Seorang operator bekerja di ruang utama European Broadcast Union (EBU) di Jenewa, 13 November 2007.

November lalu, dewan pengawas penyiar – yang mengawasi operasi, menunjuk direktur jenderal penyiar dan menyetujui anggaran – tiba-tiba dicopot. Parlemen negara itu minggu lalu memberikan suara pada daftar anggota dewan baru, semua berafiliasi dengan partai ANO yang berkuasa.

Direktur jenderal Petr Dvořak saat ini, dan diperangi, mengatakan kepada media lokal, “Tujuannya bukan untuk mengubah satu orang di posisi terdepan, tetapi untuk mengubah keseluruhan Televisi Ceko, perilaku dan fungsinya.”

Dia memperingatkan rencana populis adalah untuk menjaga agar penyiar secara formal terlihat independen, tetapi itu akan dibuat untuk mencerminkan pandangan partai yang berkuasa. “Hal yang sama terjadi di Polandia,” tambahnya. Dvořak berharap akan segera digulingkan.

Krzysztof Bobinski dari Society of Journalists di Polandia khawatir bahwa penyiar publik di 11 negara anggota Uni Eropa berisiko tinggi berada di bawah kendali partai-partai yang berkuasa.

Bobinski mendesak Komisi Eropa, Dewan Eropa dan Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa untuk bekerja sama lebih erat untuk menyoroti bagaimana “terlalu banyak pemerintah Uni Eropa menggunakan media publik untuk membelokkan debat publik yang menguntungkan mereka dan dengan demikian mengancam kualitas proses demokrasi dan supremasi hukum. “

Langkah Babis untuk mengubah penyiaran publik di Republik Ceko mencerminkan tindakan di tempat lain di negara demokrasi muda Eropa Tengah. Setelah memenangkan kekuasaan, Partai Hukum dan Keadilan Polandia menghentikan jaringan publik negara itu, TVP. Misi pengamatan OSCE terhadap pemilihan parlemen Polandia tahun 2019 mencatat dalam laporannya tentang “kurangnya ketidakberpihakan di media,” terutama dari liputan TVP.

Tampak umum studio dan kantor pusat Televisi Polandia (TVP) di Warsawa, Polandia 17 Mei 2015. Gambar diambil 17 Mei 2015. ... FILE – Studio dan kantor pusat Polish Television (TVP) terlihat di Warsawa, Polandia, 17 Mei 2015.

Reporters Without Borders mengatakan outlet media publik Polandia “telah diubah menjadi corong propaganda pemerintah.” Kelompok tersebut telah menyuarakan keprihatinan serupa tentang media publik di Hongaria. Selama pemilu 2019 di negara itu, rekaman audio yang bocor muncul dari editor yang menginstruksikan wartawan untuk mendukung partai Fidesz yang berkuasa di Viktor Orban dalam liputan mereka.

Para pemimpin populis mengatakan kritik itu tidak adil dan penyiar publik telah menjadi corong kaum liberal dan kiri selama bertahun-tahun. Perdana Menteri Slovenia Janez Jansa menuduh media layanan publik negaranya secara teratur menyebarkan “berita palsu”.

Perdana Menteri Slovenia Janez Jansa menghadiri konferensi pers di Wina, Austria 16 Maret 2021. REUTERS / Leonhard Foeger FILE – Perdana Menteri Slovenia Janez Jansa menghadiri konferensi pers di Wina, Austria, 16 Maret 2021.

Dia menjuluki Kantor Pers Slovenia sebagai “aib nasional” dan mengatakan wartawan yang bekerja untuk penyiar publik Radiotelevizija Slovenija dibayar terlalu tinggi dan menyebarkan “kebohongan.” Pemerintahnya ingin mengubah undang-undang media negara sehingga mereka dapat meningkatkan pengaruh negara atas media layanan publik.

Kritik di Eropa Tengah oleh populis penyiar publik digaungkan oleh rekan-rekan di Eropa Barat, yang mengidentifikasi media publik sebagai liberal dan menuduhnya memusuhi mereka dan didominasi oleh pola pikir metropolitan yang tidak sejalan dengan kehidupan dan pemikiran jutaan orang. orang Eropa biasa, terutama mereka yang tinggal di daerah pedesaan dan de-industri.

Partai populis Jerman, Alternative for Germany (AfD), telah terlibat perang kata-kata selama bertahun-tahun dengan lembaga penyiaran publik negara itu. Pada 2017, ia pergi ke pengadilan untuk mencoba mendapatkan lebih banyak waktu tayang untuk perwakilannya, menuduh penyiar secara rutin menghindari mereka.

Para eksekutif penyiar televisi layanan publik Jerman, ZDF, mengakui bahwa mereka sering kali terlalu fokus untuk meliput isu dan acara di wilayah metropolitan besar negara itu dan belum menyediakan cukup liputan di pedesaan timur. Mereka mengatakan itu adalah sesuatu yang ingin mereka perbaiki.

Anggota kru jaringan televisi Jerman ZDF membongkar pengaturan mereka di zona teknis di lokasi kedatangan panggung Marseille, ... FILE – Anggota kru jaringan televisi Jerman ZDF membongkar pengaturan mereka di Marseille, 18 Juli 2007.

Di Inggris, Partai Konservatif yang berkuasa telah lama memiliki hubungan yang tegang dan ambivalen dengan BBC, yang mereka tuduh sebagai bias liberal. Libertarian pada prinsipnya menolak dana publik yang digunakan. BBC sebagian besar didanai oleh biaya lisensi televisi tahunan yang dibebankan kepada semua rumah tangga, bisnis, dan organisasi Inggris yang menggunakan segala jenis peralatan untuk menerima atau merekam siaran langsung televisi dan pengejaran iPlayer.

Konservatif berjanji pada 2019 untuk mereformasi BBC dan meninjau pendanaannya. Ada gerakan yang berkembang dalam beberapa tahun terakhir untuk menghapus biaya lisensi, dan semakin banyak orang Inggris yang menolak untuk membayarnya.

FOTO FILE: Pejalan kaki berjalan melewati logo BBC di Broadcasting House di London, Inggris 29 Januari 2020. REUTERS / Henry Nicholls ... FILE – Pejalan kaki berjalan melewati logo BBC di Broadcasting House di London, Inggris, 29 Januari 2020.

“Tidak perlu BBC,” menurut Alex Deane, konsultan PR dan mantan penasihat pemerintah Konservatif. Dia mengatakan kebencian terhadap BBC tidak didasarkan pada politik kanan atau kiri tetapi berakar pada “masalah budaya dan topik seperti Brexit dan patriotisme.” Dan dia berkata di era digital, ada banyak berita komersial dan sumber hiburan.

Namun para pembela BBC mengatakan bahwa BBC dihormati baik di Inggris maupun di seluruh dunia karena keandalannya, kekuatan jurnalismenya dan ketidakberpihakannya, dan mereka menyoroti bagaimana pada saat krisis, BBC menjadi sumber berita yang lebih disukai bagi warga Inggris daripada saingan komersialnya.

Sembilan puluh tiga persen penduduk Inggris menonton televisi atau radio BBC selama dua minggu pertama perang tahun 2003 di Irak, menurut survei. Pada awal pandemi pada Maret 2020, ketika Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengumumkan dimulainya pembatasan virus korona baru yang ketat, lebih dari 15 juta pemirsa menonton liputan BBC, dua kali lipat jumlah yang beralih ke pesaing komersial.



Source

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *